• December 7, 2022

7 Cara Memulai Usaha Kuliner Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Saat ini bisnis kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Hanya dengan modal kecil saja, kita sudah dapat menjalankan bisnis kuliner. Namun sebelum kamu mencoba untuk menjalankan bisnis ini, ada baiknya untuk tahu tips memulainya.

Cara memulai bisnis ini dapat dilakukan dengan langkah yang kecil, seperti dengan mengetahui cara mematangkan konsep, dan mengatur keuangan yang baik. Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa cara yang dapat kamu coba lakukan dalam memulai bisnis kuliner.

Tips Usaha Kuliner Modal Kecil

1. Matangkan Konsep

Cara awal untuk memulai bisnis adalah dengan mematangkan konsep dari bisnis yang akan kamu buat. Saat ini ada banyak jenis makanan yang dapat dijadikan bidang usaha, kamu harus menyesuaikan dengan kemampuan dan pasar yang ada sebelum memutuskan. Bisa pilih jenis makanan sesuai dengan negara, aneka nasi, masakan Chinese, dan masih banyak lainnya.

2. Survei, Riset, Kumpulkan Informasi

Sebelum kamu memulai bisnis kuliner, ada baiknya ntuk melakukan riset pasar agar mengetahui peluang dari jenis makanan yang menjadi pilihan kamu. Pastikan kamu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan dimiliki oleh menu yang kamu buat. Seperti bahan olahan akan cepat basi, atau bahan yang tidak dapat dengan mudah ditemukan di pasar, serta kekurangan lainnya.

3. Bikin Rencana Usaha yang Jelas

Pastikan untuk kamu mengetahui dengan baik rencana usaha, baik dari rencana keuangan, tim kerja, menu, harga dari produk, bagaimana cara memasarkannya, hingga waktu pelaksanaan. Dengan demikian, akan lebih jelas rencana usaha yang akan kamu jalankan.

4. Memilih Tempat Usaha yang Tepat

Untuk memulai sebuah bisnis, hal yang krusial adalah tempat yang kamu pilih dalam menjalankan usaha kamu. Lokasi stategis ini menyesuaikan dengan makanan yang kamu jual, apakah cocok untuk dikonsumsi saat pagi, makan siang, atau lebih ke makan malam. Selain itu perhatikan apakah tempat tersebut mudah dijangkau, terdapat lahan parkir, dan bagaimana daya beli dari masyarakat sekitar tempat tersebut.

5. Ciptakan Nama Usaha dan Menu

Nama dari usaha yang kamu jalankan sangatlah penting, hal ini karena nama usaha kamulah yang akan dicari oleh pelanggan jika mereka tertarik untuk melakukan pembelian melalui platform online. Pilih nama produk yang cocok, sesuai, dan unik. Ada baiknya nama dari menu produk unik dan membuat konsumen mengingat nama produk tersebut.

6. Promosikan Produk Anda

Tentu jika kamu ingin menjalankan sebuah usaha, kita harus mempromosikannya untuk memberi tahu orang-orang mengenai produk tersebut. Buatlah promosi atau konten yang menarik, sehingga pelanggan tertarik untuk membeli produk usaha tersebut. Mungkin dapat juga dengan menampilkan harga promosi di berbagai platform sosial media. Cobalah bermitra dengan berbagai platform online, seperti Go Food, Grab Food, dan Shopee Food.

7. Pengembangan Usaha

Terakhir tips yang kami berikan adalah kamu dapat melakukan pengembangan usaha. Meski hanya dilakukan dengan modal kecil, tapi ada baiknya untuk memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha tersebut. Tujuan dari pengembangan usaha ini adalah untuk menarik lebih banyak pelanggan. Cara yang dapat kamu lakukan bisa dengan menambah menu, membuka cabang atau outlet yang baru, sampai menambah modal dengan mengajak investor.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk kamu yang ingin mencoba memulai usaha dengan modal yang kecil.